Wing Chun

Yim Wing Chun

yim wing chun

Ayah Wing Chun yaitu Yim Yee suatu hari didatangi gangster setempat untuk memperistri anaknya hal ini membuat mereka ketakutan, pada saat yang sama seorang biksuni pengembara mengunjungi desa Yunnan, biksuni ini merupakan seorang jagoan kungfu dan sudah beberapa kali bertemu dengan ayahnya Wing Chun, setelah mendengar cerita tersebut biksuni tersebut membantu Wing chun dengan mengajarkan beladiri kepada wanita tersebut.

Karena keterbatasan waktu biksuni tersebut mengajarkan inti sari gerakan-gerakan beladiri yang praktis kepada Wing Chun dan meminta Wing Chun berlatih terus menerus sampai menguasainya.

Setelah melalui latihan yang intensif dan berat Yim Wing Chun berhasil menguasai ilmu tersebut dan dengan mudah bisa mengalahkan lawannya yang lebih besar. Dari situ namanya semakin terkenal dan membuat banyak lelaki yang penasaran ingin mencoba kehebatan ilmunya, namun belum ada yang mampu mengalahkan Yim Wing Chun, sampai akhirnya dia menemukan lelaki idamanannya dan mengalah kepada lelaki tersebut yaitu: Leung Bok Cho dan menikah pada tahun 1810-an dan mengajarkan ilmu tersebut kepada suaminya, sebagai penghormatan kepada istrinya Leung Bok Cho menamai ilmu tersebut dengan nama istrinya yaitu Wing Chun.

Wing Chun adalah seni bela diri yang unik, khusus dalam pertempuran jarak dekat yang memanfaatkan pukulan cepat, tendangan, bersenjata dan gerak kaki lincah untuk memungkinkan gerakan cepat dan tegas. Efektivitas Wing Chun tercermin dalam gerakan serangan, pertahanan dan serangan balik yang terkoordinasi, membuatnya menjadi seni bela diri efektif.

 

Iklan